Top Menu

Mark Mullenwerg Pendiri Wordpress:Karya Hebat Dari Sebuah Kebetulan




Setiap pengguna internet tentu tak asing dengan yang namanya Wordpress.Inilah,platform blogging paling ternama di dunia saat ini.Siapa sangka,'karya' fenomenal dilahirkan melalui sebuah gagasan dan motivasi yang begitu sederhana.
Adalah Matt Mullenwerg pria berusia 33 tahun,yang melahirkan Wordpress.Dia mulai mengembangkannya ketika masih berusia 18 tahun.Gagasannya datang dari sebuah rasa kehilanggan Mullenwerg terhadap satu platform yang dihapus.Mullenwerg adalah pemuda pendiam yang sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer.

Dia memang hobi menggunakan layanan blogging dari sebuah blog bernama b2cafelog.Di sanalah dia memposting banyak foto yang dia miliki.Hingga pada suatu hari,pengembang b2cafelog memutuskan untuk menutup layanan tersebut.

Jadilah,insting dan jiwa kreatif Mullenwerg terangsang.Dia mulai berpikir untuk menciptakan layanan blog sendiri,lantaran enggan menghentikan kebiasaanya meng-upload foto-foto.Selama ini Mullenweg sudah sangat terbiasa dengan coding dan teknik komputer lainnya.Dia pun langsung bertekad membuat sebuah produk,yang mirip dengan b2cafelog.
Matt Mullenweg

"Saya tidak memiliki ide-ide besar.Saya kadang-kadang memiliki ide-ide kecil,yang tampaknya berhasil," ujar Mullenwerg,mengenang masa masa ketika dia hendak mendirikan wordpress.


Memulai Proyek Mengerjakan Wordpress

Tahun 2003,Mullenwerg mengajak rekannya,Mile Little untuk memulai proyek yang kelak membuatnya jadi ternama itu.Coding yang dia namai,Wordpress,itu masih disusun berdasarkan coding dari software pembuat b2cafelog,Michael valdrighi,bergabung untuk membantunya.Maka pada Mei 2013,lahirlah wordpress versi 0.70.


Mullenwerg terus bekerja keras hingga mampu mendapatkan pendanaan yang cukup mumpuni.Dia berhasil menciptakan coding website yang secara struktur lebih baik ketimbang coding html.Ketika itu pula wordpress menyediakan fasilitas Ping-O-Matic,yang memungkinkan penggunanya mengirim ping mesin pencari blog,salah satunya Technorati.Nantinya,blog akan lebih cepat tersebar lewat internet.Hal tersebut membuat Wordpress semakin sempurna sebagai salah satu software berbagi konten pada saat itu

Mendapatkan Pendapatan Dan Pengguna 

Pada tahun 2011,Wordpress mencatatkan angka fantastis,dengan jumlah pengguna mencapai 50juta.Mullenwerg pun mendapatkan bayaran setimpal atas kerja kerasnya selama bertahun-tahun.Saat ini dia memiliki kekayaan sebesar 40 juta dolar AS.Angka tersebut diprediksi terus bertambah seiring menanjaknya wordpress sebagai salah satu platform blogging terbaik dan terpopuler di dunia.Dan,tak banyak yang tahu,kesuksesan Mullenwerg diraih dengan banyak pengorbanan,Mullenwerg sama sekali tak berhasil di dunia pendidikan.Pada tahun 2004 ia pernah dikeluarkan dari universitas tempatnya menimba ilmu.

Keluarga Mullenweg tidak pernah menyangka bahwa dia bisa gagal kuliah.Maklum,ketika remaja Mullenwerg dikenal sebagai anak yang cerdas.Pintar dalam hal akademis dan non akademis.

"Semua hal terjadi karena suatu alasan.Saya mungkin akan menuntaskan pendidikan di perguruan tinggi tetapi ada sebuah keajaiban yang tidak bisa saya abaikan.Wordpress adalah keajaiban yang saya dapat secara kebetulan.Saya memperjuangkannya sampai sekarang." 
         Matt Mullenweg


Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates