Top Menu

Founder Startup ? Pelajari Bagaimana Dropbox Mengembangkan Tim Dari 2 Orang Hingga Mencapai 1000 Orang

Dropbox adalah layanan penyimpanan online yang memungkinkan penggunanya berbagi data yang disimpan di dalamnya dengan pengguna lain.Dropbox memiliki model bisnis freemium.Pengguna tingkat dasar bisa menggunakan sampai dua gigabyte memori secara gratis.Jika mereka menginginkan akses yang lebih besar,Dropbox mengenakan biaya dalam jumlah yang kecil.

Startup ini didirikan oleh Drew Houston dan Arash Ferdowsi,keduanya mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT),pada 2007.Layanan mereka dengan cepat menjadi salah satu layanan penyimpanan online yang paling populer,dengan lebih dari tiga ratus juta pengguna di seluruh dunia.



Di sini saya akan coba membahas bagaimana Dropbox mengelola dan mengembangkan tim mereka selama tahapan pertumbuhan yang berbeda.

Tahun 2007

Pada tahun ini hanya ada dua anggota di dropbox
Anggota Tim:CEO dan CTO
Tahap Produk:Peluncuran

Drew memulai pemograman sejak berusia 5 tahun dan dianggap sebagai programmer profesional pada usia 14 tahun.Suatu hari,saat ia sedang dalam perjalanan bus jarak jauh dari Boston ke New York,ia menyadari bahwa ia lupa membawa flash disk.Kesal jika harus membawa flash disk kemanapun pergi,ia mendapatkan ide Dropbox dan mulai melakukan coding/programming.

Saat ia melamar Y Combinator untuk dropbox,Drew menyadari ia memerlukan co-founder.Ia meminta temannya untuk mengenalkannya kepada programmer yang kompeten dan terampil maka mereka mengenalkannya kepada Arash.Dropbox belum melakukan perekrutan kecuali setelah mereka mendapatkan investasi pertama mereka pada september 2007.Untungnya karena anggota Y-Combinator mereka memilik akses kepada banyak penasihat berpengalaman.Itulah yang menjadi fokus besar dalam kesuksesan mereka.

Drew dan Arash

Tahun 2008 - 2009

Pada tahap awal Dropbox,perusahaan ini memiliki sembilan anggota tim
Anggota Tim:CEO,CTO,Chief Server Engineering Officer,Chief Client Engineering Officer,ahli mesin software, dan lain lain
Tahap Produk:Peluncuran Resmi

Pada tahap awal ini,Dropbox memiliki lebih dari dua ratus ribu pengguna.Pertumbuhan tak terduga dalam basis pengguna membuat Dropbox tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan semua penggunanya.Sampai titik ini,mereka mulai mengurangi fungsi produk mereka berdasarkan respons dari pengguna.Mereka menghapus beberapa fungsi seperti infinite undo (fungsi untuk memuat lagi data-data lama yang disimpan secara otomatis) agar ruang penyimpanan lebih efesien.Hal ini akirnya memungkinkan mereka untuk memberi akses bagi lebih banyak pengguna.

Tahun 2010 - 2013




Tahun tersebut Dropbox memiliki hampir tujuh puluh lebih anggota tim
Anggota Tim:CEO,CTO,Director of Product Development,Chief Business Developer,Wakil Presiden,dll
Tahap Produk:Ekspansi Dropbox menambahkan bahasa baru dan layanan baru bernama "Dropbox for Teams".

Pada tahap maju ini.Dropbox merilis versi layanan berbahasa Jepang,Spanyol,Perancis dan Jerman..Pada 2011,mereka memiliki lima puluh juta pengguna.Dropbox merancang "Dropbox for Team" bagi bisnis selain konsumen perseorangan,yang membutuhkan perubahan strategi penjualan.Dropbox bukan lagi sekedar bisnis B2C (business to consumer) melainkan juga B2B (business to business).

Tahun Sekarang 2014 -2017

Ada lebih dari seribu karyawan
Anggota Tim:CEO,CTO,Insinyur,Desainer,Penulis Teknis,Perekrut,Penjualan,Pengembang Bisnis,Manager Akutansi dll.
Tahapan produk:Menghubungkan fungsi baru dan memperluas layanan ke peranti baru.

Dropbox terus memperluas timnya dengan penuh pertimbangan,termasuk merekrut beberapa insinyur terbaik.Kantornya berpindah dari ruangan seukuran apartemen ke areal seluas 7.898 meter persegi.Sebagai tambahan,mereka menggunakan bahwa Dropbox akan membuka kantor di Irlandia.Di tahap ini,Dropbox bekerja keras untuk memperbaiki desain,pengalaman pengguna dan platform produk mereka.




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates