Top Menu

Perhatikan Teknik Branding Ini Untuk Menaikkan Pendapatan Website Dan Aplikasi Anda



Kemarin saya sudah membahas pentingnya tahapan-tahapan dalam pengembangan produk.Kali ini saya juga mau bahas yang tidak kalah penting untuk produk kita,terutama bisnis kita.Yaitu:Branding.

Branding adalah strategi marketing yang melibatkan proses pembuatan nama,gambar,logo dan tagline sebagai identitas dalam hal ini website atau aplikasi anda.
Idealnya,sebuah brand atau merek bisa mencerminkan misi website atau aplikasi anda.selain itu brand juga bisa mewakili produk atau layanan anda,serta bisa melambangkan standar kualitas website anda di mata pengguna.Nah,disini saya coba asumsikan bahwa kalian yang membaca ini sudah memiliki nama startup atau minimal produk kalian sudah ada.Di sini saya akan coba membantu kalian untuk memvisualisasikan nama merek kalian lewat teknik teknik yang saya berikan.

Ada 3 Tahap dalam membuat sebuah brand,seperti yang saya sebutkan di atas.
1.Membuat Tagline
2.Membuat Logo
-Komposisi Warna Desain
-Bentuk dan Ukuran Logo
3.Pemilihan Font

Yang akan saya jelaskan sekarang adalah membuat tagline dan pemilihan font,untuk membuat logo saya akan bahas di lain waktu.



1.Membuat Tagline

Tagline atau slogan adalah teks singkat  untuk menjelaskan visi dan misi dari bisnis anda.Berikut saya bagikan beberapa poin penting dalam membuat tagline
A.Singkat
B.Mudah Diingat
C.Menonjolkan Kelebihan
D.Menginspirasi
E.Provokatif
F.Mewakili bidang/topik anad
G.Unik dan Orisinil

Contoh tagline misalnya "Think Different" (Apple) "Intel Inside" (Intel) dan "Connecting People" (Nokia).Tagline akan memudahkan pengunjung dalam memahami topik,bidang atau fokus layanan web anda.Tagline yang bagus juga akan membantu brand anda menjadi mudah diingat.

2.Pemilihan FontDesain logo dewasa ini lazim disusun berdasarkan huruf,contohnya logo Google,Yahoo,Facebook dan lainnya.Anda tinggal memfokuskan pada pilihan font yang akan anda pakai sebagai logo.Ada ratusan font yang bisa dipilih,sehingga anda bisa leluasa dalam bereksperimen untuk mendapatkan logo yang sesuai dengan selera dan kebutuhan desain.



Berikut saya berikan beberapa pertimbangan dalam memilih font untuk logo
1.Mudah Dibaca
Font sederhana lebih muda dibaca

2.Mengekspresikan Tipe Website
Sesuaikan apakah website anda bersifat serius dan formal,atau santai dan informal.Apakah anda ingin memberi kesan fresh dan modern atau ingin memberi kesan konservatif

3.Berjangka Panjang
Hindari font yang sudah kuno,tidak menjadi tren lagi.


4.Unik dan Berbeda
Hindari penggunaan font yang umum dipakai website lain agar tidak mirip.Font futura menyerupai logo baru Google,font helvetica neue menyerupai logo lama twitter.


5.Gunakian Efek Cetak Yang Tepat
Cobalah bereksperimen,apakah logo anda lebih bagus jika memakai efek cetak tebal atau cetak tipis,cetak tegak atau cetak miring.Memakai huruf kapital atau normal.Umumnya cetak tebal dan cetak tegak lebih bagus.


6.Serasi,pilih font logo yang sejenis dengan font konten web

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates